Friday, November 30, 2012

Sambal BAjak


Aug 24, '09 3:23 PM
for everyone
Category:   Side Dishes & Condiments
Style:   Soulfood

Description:


Pas banget ada event Masak Bareng dengan tema ANEKA SAMBAL NUSANTARA, saya juga baru selesai membuat sambal bajak ini, sengaja dibuat banyak untuk persediaan.

Sambal Bajak resep Bunda Estherlita ini sudah berkali-kali saya buat dengan hasilnya memuaskan. Tingkat kepedasannya bergantung dari jenis cabe yang saya pergunakan.dan itu tergantung persediaan di supermarket Asia yang terdekat juga ... Pernah tidak ada cabe besar, saya gunakan cabe yang kecil-kecil...hasilnya puedasssss sekali, dan akhirnya harus saya tambah tomat 2 buah lagi. Paling pas kalau dicampur memang antara cabe besar-besar yang tidak terlalu pedas dan cabe kecil. Di resep asli dicampur antara cabe besar dan cabe keriting serta cabe rawit. Berhubung keterbatasan persediaan cabe, saya gunakan apa yang tersedia. Yang penasaran resep bunda Estherlita yang asli, silahkan klik DI SINI.
Oya, karena ingin gurih, saya tambahkan juga kaldu blok dalam sambal ini.
Sambal ini biasanya saya jadikan pendamping untuk menikmati ayam goreng, ayam kalasan, gepuk/empal dan lalap.



Ingredients:
500 gram cabe besar
150 gram cabe rawit merah
100 gram bawang merah
200 gram tomat
2 bungkus terasi matang siap pakai ( saya pakai terasi Mamasuka sachet kecil)
2 sendok makan gula merah
1/2 sendok makan garam
1 kaldu blok ayam
Minyak goreng secukupnya untuk menumis


Directions:
1. Iris tipis-tipis bawang merah dan juga tomat.
2. Haluskan semua cabe, terasi dengan food processor.
3. Tumis semua bahan dengan minyak secukupnya. Masak sampai matang.
Saya memasak dengan api sedang.


No comments:

Post a Comment