Friday, November 2, 2012

AYAM GORENG LENGKUAS





Description:
Akhirnya...mulai masak lagi di Simple Kitchen :)
Yang ini hasil ngintip buku resep masakan mamahnya keponakanku yang ga mau disebut namanya di sini. Thank you ya...bisa ngintip buku masakannya
Judulnya : Ayam Goreng Tradisional Indonesia (Seri Makanan Favorit).
Hasilnya enak banget....tandanya sang suami mau nambah nasi dan biar 3 kali berturut-turut makan dengan ayam ini tetap semangat... :) Nikmat sekali dimakan dengan bubuk-bubuk garing lengkuas berbumbunya...


Ingredients:
1 ekor ayam, potong 10 bagian (saya pakai 3 ekor ayam kampung kecil, bagi 12 potong)
1 bh jeruk nipis, ambil airnya
minyak goreng secukupnya
500 gram lengkuas, parut (saya haluskan di FP...)

Bumbu yang dihaluskan:
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit (saya pakai kunyit bubuk, dikira2 jumlahnya)
2 sdm ketumbar (pakai yang bubuk juga)
8 butir bawang merah (saya pakai 5 butir shallots yang agak besar)
3 siung bawang putih (saya pakai 4 sdt bumbung bawang putih yang sudah halus)
garam



Directions:
1. Cuci ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan sebentar.
2. Campur ayam dengan bumbu yang dihaluskan dan parutan lengkuas.
3. Tuang air secukupnya (sebelum direbus, saya cicip airnya..wow pahit banget...lengkuasnya banyak sekali...ternyata setelah mateng ga pahit malah enak banget) , rebus hingga bumbu meresap. Angkat dan biarkan dingin.
4. Goreng ayam berbumbu bersama sisa-sisa bumbu dan parutan lengkuas hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

Photobucket



First recipe from my multiply www.revireco.multiply.com


Jan 17, '09 11:40 AM
for everyone


Category: Other
Style: Other
Servings: 12 porsi

No comments:

Post a Comment