Friday, November 2, 2012

MFM#16: SOP AYAM SAYUR ASIN PLUS KEMBANG TAHU

Jun 26, '08 12:12 PM
for everyone

Category: Soups & Stews
Style: Chinese
Special Consideration: Quick and Easy


Description:
Suatu hari saya mencicipi sop bakut sayur asin yang kuahnya terasa agak manis.
Rasanya segar, asam dan manis. Setelah menanyakan resep pada kenalan saya ini, saya memutuskan untuk membuat sop sayur asin untuk MFM 16 ini. Agar semua bisa mencicipinya, kali ini saya pilih campurannya dengan ayam sebagai pengganti iga babi yang biasanya dimasak dengan sayur asin, ditambah kembang tahu. Ide ayam dan penambahan kembang tahu saya dapat
dari www.eresep.com, di resep yang bisa diklik di sini.


Ingredients:
300 gram paha ayam tanpa tulang, dipotong-potong kotak besar
1 bungkus sayur asin ukuran 227 gram.
Kembang tahu secukupnya
Air sekitar 1 Liter

Bumbu :
Bawang putih 2 siung
Merica 1/2 sdm
Gula Pasir 1 sdm
Garam secukupnya
Kaldu blok secukupnya.
Ang ciu (optional)

Pelengkap :
Sambal Cabe rawit kecap asin ( cabe rawit dipotong-potong, tambahkan kecap asin sedikit)

Directions:
1. Rebus air hingga mendidih
2. Masukkan ayam potongan, rebus hingga matang, ambil potongan ayamnya saja untuk ditumis dengan bumbu.
3. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bawang putih sampai berwarna coklat muda, masukkan ayam, garam, gula, lada, dan ang ciu. Tumis hingga tercampur rata.
4. Masukkan tumisan ayam tadi, ke kuah kaldu ayam no.2
5. Tambahkan kaldu blok sedikit.
6. Rebus hingga mendidih, masukkan kembang tahu dan sayur asin yang sudah dibilas air dan dipotong-potong.

Sop ayam sayur asin siap dinikmati.

No comments:

Post a Comment